Manusia dicipta dengan Kehendak Bebas

Written on 06/19/2020
Wignyo Tanto


Manusia dicipta menurut gambar Allah (Kej.1:27),  artinya dalam beberapa aspek memiliki kemiripan dengan Penciptanya, yaitu memiliki pikiran, perasaan, dan kehendak yang bebas, seperti sang Pencipta. Manusia dicipta dengan kesadaran sehingga dapat mengambil keputusan sendiri dalam hidupnya, tentu saja harus menanggung akibatnya juga jika keputusannya salah. Kemampuan untuk menentukan pilihan hidup inilah yang disebut dengan kehendak bebas.

Jadi Tuhan tidak mengambil alih kesadaran manusia dan menggerakkan tanpa sepengetahuan manusia itu. Dalam hal ini jelas bahwa Tuhan tidak membuat takdir tentang keselamatan manusia, tetapi Tuhan ikut serta di dalamnya untuk menolong manusia diselamatkan dari maut.

Hal ini terbukti ketika Adam diperingatkan Tuhan untuk tidak makan buah pengetahuan baik dan jahat. Faktanya Adam tidak taat, memberontak, lebih mendengar suara lain daripada suara Tuhan. Ini bukti bahwa Adam memiliki kemempuan untuk memilih, taat atau tidak taat. Demikian juga dengan kita sekarang.

Hidup ini adalah pilihan.

Manusia bukanlah sebuah robot biologis yang digerakkan oleh TUHAN Allah secara diam-diam.