Waktu berjemur matahari yang benar, sehat, realtime

Written on 05/04/2020
Wignyo Tanto


Banyak polemik yang beredar di sosial media tentang jam berapa waktu berjemur sinar matahari yang benar itu sehingga didapatkan kesehatan yang optimal. Beberapa dokter menyarankan berjemur itu jam 10 pagi atau bahkan setelahnya. 

Bahkan ada yang menyarankan berjemur sinar matahari jam 12 siang karena sinar matahari sedang tegak lurus di atas kepala kita sehingga didapat intensitas sinar UV yang maksimal.

Tetapi di pihak lain, ada juga dokter dan para ahli yang mengatakan berjemur itu antara jam 7-9 pagi, seperti disarankan oleh seluruh dokter anak, bahwa menjemur bayi itu pagi bukan jam 10 atau setelahnya.

Jadi yang manakah yang benar?

Sebenarnya secara logika sederhana saja kita akan tahu bahwa intensitas matahari tergantung dari banyak faktor, apakah hari itu mendung, apakah kita sedang ada di katulistiwa atau lokasi yang jauh dari katulistiwa, juga musim, cuaca, dll. Jadi tidak dapat dibuat rumusan yang umum bahwa berjemur itu jam 10 atau jam berapa.

Lalu bagaimana?

Kita harus mengukur intensitas UV yang sebenarnya di tempat di mana kita akan berjemur, langsung secara real time. Dengan demikian maka kita mendapatkan data yang sebenarnya di lokasi di mana kita berdiri.

Sinar matahari sangat berguna bagi kita semua, tetapi kalau salah berjemur akan beresiko sebaliknya, dapat memicu kanker kulit, dsb.

Untuk lebih lengkapnya silakan lihat pembahasan lengkapnya di video berikut:


Kiranya ini berguna bagi kita semua, dan kita semua mendapatkan kesehatan yang prima dengan berjemur sinar matahari secara benar.

Salam sehat selalu.

Wignyo Tanto