Konsep Tubuh, Jiwa, dan Roh

Written on 07/31/2020
Wignyo Tanto


Dalam sejarah pemikiran manusia, topik ini adalah termasuk yang paling sulit dijelaskan, karena berkaitan dengan hal-hal yang non fisik (jiwa dan roh), sehingga sangat kompleks penjelasannya. Itupun tidak akan memuaskan, hanya akan menyisakan banyak pertanyaan dan misteri.

Catatan ribuan tahun yang lalu, Alkitab, menjelaskan bahwa manusia terdiri dari 3 unsur, yaitu tubuh, jiwa, dan roh (1 Tesalonika 5:23), yang ketiganya juga tidak dapat dipisahkan. Unsur jiwa dan roh dapat juga dipandang sebagai satu kesatuan juga sehingga disebut manusia batiniah, sedangkan tubuh disebut sebagai manusia lahiriah (2 Korintus 4:16).

Seluruh unsur ini penting dan sangat menentukan bagaimana seseorang hidup, cara berpikirnya, cara berperasaannya, apa saja keinginannya dalam hidup ini, dan sebagainya. Singkatnya, kualitas hidup manusia ditentukan asupan terhadap ke 3 unsur ini. Jika yang masuk adalah filosofi kegelapan, maka seluruh hidup manusia menjadi gelap. JIka yang dikonsumsi adalah ajaran kebenaran maka hidup manusia menjadi terang.

Berikut video lengkapnya: